Skip to content

Berkunjung ke Sawarna Rasanya Tidak Lengkap Jika Tidak Kesini!

Daerah Sawarna di Banten merupakan alternatif liburan yang tak jauh dari Jakarta. Pantai cantik dan alam alami bakal membuat kagum para wisatawan. Saat anda pergi kesana dan pertmaka kali menjejakkan kaki di Desa Sawarna, mata yang bosan memandang karena perjalanan yang mungkin panjang menurut anda seolah-olah hilang sekejap berganti dengan rasa takjub kepada alam. Di Desa Sawarna, bebukitan dan sawah-sawah yang warnanya hijau, pantai memiliki pasir putih dan laut juga hijau kebiruan saat mata melihat.

Beberapa kali saya sudah menginjakkan kaki di kawasan Desa Sawarna, tidak sedikit orang yang sudah mengenal Desa Sawarna dengan panggilan Pantai Sawarna. Padahal itu ialah nama satu desa yang ada di Kabupaten Lebak, Banten. Saya tidak pernah ada rasa bosan jika sedang pergi kesana. Desa itu menawarkan seambrek tempat wisata yang bagus dan tidak ada duanya. Saya bakal membahas satu persatu obyek wisata yang ada di Desa Sawarna.

  1. Pantai Ciantir. Pantai Ciantir mengandung pasir putih dengan ombak medium menurut saya pribadi. Tapi besarnya ombak tidak ada artinya dibandingkan dengan panorama di sekitar pantai yang tidak ada sampah dan terlihat bersih seakan membuat diri ini pasti tidak akan pernah memiliki perasaan negatif tentnagnya. Di pantai ini kita leluasa mau berenang, mengingat di sepanjang pantai ini tidak ada karang dan murni hanya pasir saja di sekitarnya.
  2. Pantai Tanjung Layar. Tanjung Layar merupakan ikon dari kawasan wisata yang ada di Pantai Desa Sawarna berbentuk 2 karang besar yang berhimpitan semacam layar kapal, di sekitarnya terdiri dari karang-karang cadas serta karang yang datar seolah-olah lantai di suatu kapal. Tak sempurna liburan ke Sawarna tanpa berkunjung ke Pantai Tanjung Layar yang sangat indah ini dan fenomenal.
  3. Karang Teraje. Di tempat ini para wisatawan semuanya bisa melihat sunset kian jelas dari biasanya yang mungkin melihatnya tidak terlalu jingga atau begitu jauh. Pantai ini terbentuk dari hamparan karang yang mencuat sepanjang pantai, dan istimewa bagi seorang fotografer lanskap tuk dicoba membuat kreasi terbaru saat di Karang Teraje.
  4. Goa Lalay. Gua Lalay ialah satu dari beberapa nama goa yang berada di sekeliling pematang sawah. Goa ini menyajikan pemandangan indah buat meraka yang suka dengan caving (sebutan orang yang senang berwisata atau berekspedisi ke goa) di goa-goa dan wajib dikunjungi di Sawarna.
  5. Goa Langir dan Gua Seribu Candi. Goa langir ialah goa yang memiliki pintu kecil namun didalamnya punya ruang yang lumayan besar dengan panorama yang indah didalam goa. Sementara Goa Seribu Candi merupakan goa yang memiliki pintu kecil, tapi saat kita masuk kita disuguhkan suatu pemandangan stalagmit dan stalagtit yang mencuat persis candi-candi kecil. Selain tempat yang sudah disebutkan diatas tadi, sebenarnya masih ada banyak tempat wisata lainnya di desa sarawna semacam Pantai Lagon Par, Tapak Kabayan, Bukit Seribu Tangga, Pulau Manuk, dan masih ada yang lainnya tempat pariwisata yang belum terjamah disana. Menurut saya lokasi ini merupakan tempat yang wajib didatangi bagi para wisatawan.
Published inUncategorized

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.